Halaman

Saturday, April 13, 2013

Donat Komachi



Alhamdulillah kesampaian juga bikin donat pakai tepung komachi. Tepung komachi adalah tepung dengan protein tinggi, atau biasa disebut dengan  terigu jepang. Daridulu pengen banget buat pakai tepung ini tapi ga pernah dapet tepungnya. Alasannya? Donat pakai tepung komachi ini cenderung lebih empuk, kecuali kalau salah resep yaa, hahaha.
Yang namanya pemula, amatiran di dapur,  saya terbiasa googling kalau pengen masak sesuatu, apalagi bikin kue kayak donat ini. Dulu cenderung sering asal comot resep saja, tapi setelah itu jadi kapok karena ternyata ga semua resep yang dipublish sudah diuji di dapur. Jadi sekarang lebih selektif, biasanya ambil resep dari web yang terpercaya seperti NCC, Sajian Sedap atau blog ibu-ibu yang sepertinya ramai seperti blog Icip-Icip. Intinya yang sudah diuji coba.


Well, bukannya kali ini saya kurang beruntung, tapi saya yang terlalu PD untuk bikin kue tanpa takaran yang pas. Ambil resep, terus saya kira-kira takarannya karena memang ga punya timbangan :D
Kata Mb Nunik, kakak teman saya, ada yang salah di resep yang saya pakai, makanya resepnya kali ini ga saya posting. Kurang terigu (mungkin karena takaran yang ga pas) dan saya taruh garam bersamaan dengan ragi, dan itu katanya bisa mematikan kerja ragi, pantes aja tadi ngembangnya ga tinggi dan susah kalis juga. Akhirnya ditambah-tambahin terigu. 
Daripada menjerumuskan, mending saya posting kalau eksperimen selanjutnya sudah berhasil :D
Meski resepnya kurang tepat, tapi hasil akhirnya masih lumayan,  ga keras meski digorengnya sudah lama. Cuma tadi Eka, adik kost bilang kurang manis, -dia makan yang pakai toping keju-. Memang di adonannya ga  pakai gula. Jadi y ga manis, kecuali yang pakai toping gula halus. Ada teman yang main ke kost juga bilang kalau rasa sudah OK tapi tekstur aja yang kurang pas. Baiklah, akan saua perbaiki di eksperimen kedua :D



Ini ada beberapa foto-foto waktu buatnya :D

Adonan yang sudah kalis

Untuk bikin donat ini adalah yang hal penting membuat adonan jadi kalis. saya membutuhkan lebih dari 30 menit untuk menguleni adonan ini. Saat 20 menit pertama ga kalis-kalis, akhirnya telpon Mb Nunik dan bialng suruh nambahin tepung. Akhirnya ada sekitar 10 sdm saya tambahin tepung sampai akhirnya bisa kalis. Ciri adonan kalis itu adalah tidak lengket di tangan dan waktu dibuka tidak robek.


Ini karena ga punya loyang jadi pakai kertas minyak waktu nata yang udah dicetak

Awalnya saya cetak pakai cetakan donat, tapi karena kegedean padahal wajannya kecil, kelamaan goreng, jadi saya buat bulet-bulet aja terus dilubangin sendiri pakai ujung garpu (lebih OK kalau pakai sumpit). oya karena saya juga ga punya rolling pin (itu lho kayu silinder untuk meratakan adonan) akhirnya ngratainnya pakai tangan bersih aja, alhasil ga mulus permukaannya, jendol-jendol.


bulet dan dilubangin pakai ujung garpu/sendok
Sebenarnya kurang bagus kalau dilubangin pakai garpu saat langsung dicetak, karena setelah dicetak baiknya kita istirahatkan dulu sekitar 10 menit sebelum digoreng, kalau bikin lubangnya pakai garpu gini nanti 10 mneit kemudian udah rapet ilang karena ngembang, jadi nglubanginnya pas mau digoreng aja. atau pakai cetakan juga lebih OK.

Donat yang sudah digoreng
  Saya sengaja goreng donatnya pakai minyak beku jadi ga nyerap banyak minyak. Kalau ga ada minyak beku bisa pakai minyak biasa ditambahin mentega putih.


Toping Keju


Toping Gula Halus
 Dari 1/2 kg tepung komachi yang saya pakai,  bisa jadi 26 donat kecil (seperti foto pakai toping gula halus atas) dan 9 donat besar (toping keju), itu yang sempat keitung karena ada beberapa yang mateng langsung dicobain, banyak kan? 


Buat Bekel :D
Karena di kost cuma sedikit orang waktu itu sempet bagi ke temen buat nyobain, Sakina, Risto, dan bawa bekel juga buat Dhita pas nemenin ketemu pembimbing di stasiun Purwosari karena siangnya belum sempat makan.



Tinggal capeknya :((

Bagian yang paling ga enak tiap kali nyoba resep adalah beres-beresnya, nyuci piring, bersihin lantai karena pliket (lengket) tepung dimana-mana >_<, rasanya pengen masukin ke laundry. #menimales :D


Nha itu beberapa cerita waktu buat donat komachi ini, Semoga percobaan selanjutnya bisa berhasil jadi bisa posting resepnya :D



No comments:

Post a Comment