Halaman

Monday, August 13, 2012

Izin Penelitian Lintas Provinsi

Assalamualaykum teman :D

Sudah lama sekali tidak posting  :D

Beberapa hari ini saya sibuk mengurus izin penelitian skripsi saya yang ternyata agak ribet juga. Karena kuliah saya d UNS yang ada di Provinsi Jateng sedangkan penelitian skripsi saya di Kulon Progo Provinsi DIY maka izinnya harus lintas provinsi, mulai izin dari Badan Kesbang dan Polinmas Provinsi Jateng yang ada di Semarang  --> kemudian dari Badan Kesbanglinmas di Provinsi DIY yang ada di Jogjakarta --> baru bisa izin k KPT (Kantor Pelayanan Terpadu) Kabupaten Kulon Progo yang ada di Wates.




Pertama kali yang dilakukan adalah meminta surat pengantar dari jurusan untuk ke Kesbang dan Polinmas Prov Jateng, kemudian ke Semarang, kantornya ada di Jalan A. Yani 160 Semarang. Secara sengaja waktu itu dari Solo saya naik bus, turun di terminal Banyumanik kemudian naik DAMRI turun di Tugu Muda, dari Lawang Sewu kita bisa naik C8 kemudian nanti turun di depan kantornya. atau bisa juga dari kawasan Simpang Lima Semarang di depan Matahari kita naik C8. Kalau dari Simpang Lima jaraknya tidak begitu jauh jadi bisa juga jalan kaki saja bagi yang suka jalan.
Syarat yang harus dibawa untuk izin penelitian dari Provinsi Jateng ini surat pengantar dari kampus, proposal yang sudah disahkan dan 1 buah fotokopi KTP atau identitas lain yang masih berlaku. untuk hari Senin-Kamis kantor ini melayani perizinan dari jam 08.00-15.30 WIB tapi khusus hari Jum'at hanya dilayani sampai pukul 10.30 saja.

Kedua, setelah mendapat surat pengantar dari provinsi Jateng kita harus mendapatkan izin dari Prov DIY yaitu di kantor Kesbanglinmas Provinsi DIY. Kantornya ada di Jalan Jendral Sudirman. dari Tugu Jogja ke kanan (Kalau dari arah stasiun Tugu atau Jl. Mangkubumi), di sebelah kiri jalan, atau dari Gramedia lurus sebelum Tugu nanti kantorny di kanan jalan. untuk mendapatkan izin dari Prov DIY ini kita cukup membawa surat pengantar dari Prov Jateng yang di berikan di Kesbang&Polinmas yang di Semarang tadi plus proosal. oya jangan lupa pastikan ada cap jurusan  pada pengesahan proposalnya. untuk kantor di DIY ini hanya melayani pengurusan izin penelitian sampai jam 13.30 saja.

Terakhir baru kita bisa mengajukan izin penelitian di Kabupaten yang bersangkutan. Tiap kabupaten mempunyai instansi yang berbeda untuk menangani izin penelitian ini, contohnya di Kulon Progo yang menangani KPT atau Kantor Pelayanan Terpadu, di Sleman beda lagi, kita mengajukan permohonan penelitian di BAPPEDA Sleman, biasanya nanti sudah diarahkan dari yang tingkat provinsi kita harus kemana di kabupaten yang bersangkutan.
Untuk di Kulon Progo sendiri, KPT ada di daerah Wates, tidak jauh dari terminal Wates. Syarat yang harus dibawa yaitu proposal peelitian dan surat pengantar dari Prov DIY tadi. Pastikan teman-teman tahu data apa saja nanti yang dibutuhkan dan bisa didapatkan di instansi mana saja karena itu penting untuk tembusan di surat izin yang diberikan nanti.

Mungkin itu sedikit info yang bisa saya share buat teman-teman. Semoga bermanfaat dan tetap semangat mengerjakan skripsi :D GAMBARIMASHOO ^_^

Wassalamualaykum Wr Wb

2 comments:

  1. wah sedang brjuang juga ya, smgat yas nek butuh bantuan kita2 siap bantu lo...eh itu d bagian akhr paragraf ke2 ada kata2 salah ketik yg gk enak dbaca hehe..

    ReplyDelete
  2. iya ni ris, hhe nnti tinggal k kulon progo. makasih y ris, y nnti kalau butuh bantuan q bilang. sukses jg buat penelitian kalian :D

    oh iya udh q edit ris, makasih ya:)

    ReplyDelete